Rabu, 26 Mei 2010

PENGERTIAN CHATING


PENGERTIAN CHATTING


Chating dalam Bahasa Indonesia berarti ngobrol/bercakap-cakap dan di Internet dengan chating kita bisa mengobrol dengan teman,keluarga/saudara atau mencari teman baru yang berada di seluruh dunia.Tinggal Anda ingin ikut diruang yang mana biasanya janjian atau mencari teman baru.

Tentang aplikasi chatting

a. Real time. Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.


b Nickname. Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna "keluar" dari ruang chatting atau browser ditutup.

c. Public room. Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room di mana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.


d. Send message. Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server. Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah.


e. Auto refresh. Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secara manual.

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.
Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar

Etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.
1 . Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya. 2. Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita. 3. Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.

4. Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.

5. Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.

6. Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.

7. Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.

8. Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.

9. Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.

10. Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.

11. Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

· Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.

· Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.

· Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda

· Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.

· Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.

· Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

· Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

Bagaimana, sudah cukup jelas kan tentang Chatting, Terima kasih kepada Onoid
Selamat membaca Posting-an saya lainnya... ( Irfan Madani Zukhruf / mastermadani )

Chat atau chatting sangat identik dengan Internet. Seolah-olah untuk dapat melakukan chatting, kita harus memiliki koneksi ke Internet. Padahal arti kata chat itu sendiri adalah ngobrol. Jadi sebenarnya bila kita berbicara dengan orang lain secara tatap muka, kita sudah melakukan chatting.

Chatting melalui PC

juga tidak harus menggunakan koneksi Internet. Kita bisa melakukan chatting di dalam lingkungan jaringan atau Local Area Network. Selain kita membutuhkan peralatan pendukung LAN, kita juga membutuhkan aplikasi chatting seperti WinPopup, InterChat, Corporate Messenger, atau aplikasi sejenis lainnya. Aplikasiaplikasi tersebut biasanya dapat di-download dari Internet.

Sekilas Mengenai Chatting

Apa sih chatting itu? Seperti yang sudah disebutkan, chatting itu ngobrol atau berbicara dua arah antara satu atau beberapaorang. Di dalam dunia komputer, chatting berarti berbicara dengan orang lain dengan menggunakan komputer. Suara yang dihasilkan, biasanya digantikan dengan teks yang diketik. Namun dengan berkembangnya multimedia dengan komputer, chatting tidak hanya dengan menggunakan teks, tapi bisa juga dengan menggunakan suara dan video. Lebih sempit lagi, pengertian chatting di dalam dunia Internet. Di sini pengertian chatting adalah menggunakan Internet untuk berbicara dengan orang lain. Menurut jumlah orang yang berbicara, chatting dapat dibagi menjadi dua, yaitu group chat dan private chat. Group chat adalah chatting yang melibatkan lebih dari dua orang. Biasanya orang-orang ini berkumpul di dalam suatu chat room atau channel, tempat di mana mereka bisa berinteraksi. Apabila satu orang mengirimkan suatu pesan, maka seluruh orang yang berada di chat room atau channel tersebut bisa membacanya. Sedangkan private chat tidak demikian. Private chat hanya melibatkan dua orang. Jadi hanya ada orang tertentu yang dapat membaca pesan kita. Mengapa chatting bisa begitu identik dengan Internet? Hal ini karena biasanya chatting dilakukan melalui media Internet. Daripada menggunakan telepon untuk berhubungan dengan kawan kita yang di luar kota misalnya, lebih baik chatting, sehingga yang digunakan adalah pulsa lokal. Atau bahkan di warnet, sehingga bisa lebih murah.

Chatting Via LAN

Dengan sekilas mengenal chatting dan LAN, kita bisa menarik hubungan di antara keduanya. Chatting adalah ngobrol, sedangkan LAN menghubungkan PC-PC yang ada di suatu tempat. Dengan demikian, Chatting via LAN

memungkinkan kita ngobrol dengan menggunakan PC. Chatting ini bisa dilakukan di kantor-kantor. Tetapi biasanya di kantor-kantor sudah ada koneksi Internet, sehingga bisa menggunakan ICQ atau Yahoo! Messenger. Bagaimana dengan dikos atau di kantor yang tidak memiliki koneksi Internet? Mereka tetap bisa chatting, syaratnya adalah sudah adanya jaringan atau LAN, serta software yang mendukung. Beberapa software bahkan tidak hanya dapat digunakan untuk chatting teks, tapi bisa juga video dan suara. Selain itu ada juga yang menyediakan fitur untuk sharing file. Coba Anda instal software untuk chatting via LAN. Beberapa contoh software akan dibahas se-telah ini. Tentu saja, kawan Anda juga harus memiliki software yang sama untuk dapat melakukan chatting.

Program yang digunakan

Seringkali pekerja kantor menggunakan Instant Messenger yang berbasiskan Internet untuk ngobrol dengan teman sekantornya. Sebenarnya hal ini tidak masalah bagi jaringan dengan koneksi Internet via satelit. Tapi taukah Anda bahwa chatting dengan Yahoo! Messenger atau Instant Messenger lainnya yang memanfaatkan koneksi Internet ini dapat memboroskan bandwidth? Untuk mengurangi pemborosan ini Anda dapat menggunakan Messenger yang berbasiskan LAN atau Local Area Network.

keuntungan lain menggunakan corporate messenger selain untuk menghemat bandwidth Internet, pesan yang Anda kirimkan pun akan lebih cepat sampai karena pesan tersebut tidak perlu memutar melalui Internet dulu sebelum sampai ke komputer yang dituju. Tujuan pembuatan messenger melalui jalur LAN adalah untuk melakukan komunikasi secara efektif melalui jaringan di kantor atau kampus yang memiliki gedung yang berbeda atau tidak memiliki koneksi Internet. Salah satu syarat untuk dapat berkomunikasi secara real time melalui LAN, Anda harus menggunakan aplikasi yang sama dengan orang yang akan Anda ajak berkomunikasi. Anda dapat menghubungi seseorang berdasarkan username, alamat IP atau nama komputer, tergantung dari jenis program yang Anda gunakan. Pada beberapa program bahkan Anda dapat melakukan pengiriman pesan ke semua anggota di jaringan yang menggunakan messenger sama secara simultan dalam satu kali klik. Dari beberapa program messenger yang kami uji, instalasi dan pengaturan setting untuk LAN Messenger ini tidak begitu susah. Hampir semua program dapat mengenali setting jaringan dengan baik sehingga bolehdikata Anda tidak memerlukan lagi pengetahuan teknis yang dalam untuk dapat menggunakan corporate messenger. Anda tinggal menginstal program messenger dan selanjutnya program tersebut dapat langsung dijalankan. Di bawah ini adalah beberapa program Instant Messenger untuk LAN yang telah kami uji dan berhasil dijalankan. Jika Anda tertarik untuk mendownload program-program di bawah, Anda dapat mendownload- nya secara gratis di www.download.com, lalu masukkan nama program yang ingin Anda cari pada kolom search.

VCM versi 2.5.0 Build #2127

Corporate Messenger ini tampilannya sangat sederhana. Bentuknya hanya sebuah window kecil dengan jumlah menu dan tombol yang sedikit. Menu-menu dan setting yang ada mudah untuk dipelajari. Corporate Messenger VCM memiliki beberapa fitur yang dapat diakses melalui tombol yang berada pada bagian bawah window. Untuk memasukkan nama rekan Anda ke dalam daftar user, Anda dapat mengklik User>Add atau dengan mengklik tombol di bagian bawah window. Begitu window baru terbuka. messenger akan segera mencari komputer-komputer yangterhubung ke jaringan dan Anda dapat langsung menentukan nama atau alamat IP komputer yang akan dimasukkan ke dalam daftar user.

LANChat Pro versi 2.20a

Messenger yang paling simpel dalam pengaturan setting. Itulah kesan yang didapat setelah mencoba menggunakannya. Begitu komputer yang berada pada jaringan mengaktifkan messenger ini, program secara otomatis mendeteksi LANChat\ Pro lainnya yang sedang aktif di jaringan dan akan langsungbergabung dengan chatroom yang menghubungkan Anda dengan pengguna program yang sama dalam jaringan. Perintah-perintah yang dapat digunakan mirip dengan mIRC. Misalnya, Anda dapat mengetikkan /nick <nick baru yang Anda inginkan> untuk mengganti nick name Anda. Jadi bagi Anda yang sudah terbiasa chatting dengan mIRC tentu Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakan messenger ini. Untuk mendownload LANChat Pro versi terbaru, Anda dapatmencarinya di http:// republika.pl/lanchat/downloads.htm. Ukurannya lumayan kecil hanya 563KB.

InterChat3

Saat pertama kali masuk ke program, window SignIn to InterChat3 akan muncul untuk menanyakan nama, jenis, dan warna font yang Anda inginkan. Setelah mengklik OK, window utama akan muncul dan menampilkan daftar user yang sedang online dengan menggunakan program Inter- Chat3 di jaringan. Pada window ini Anda dapat mengirim alert ke user atau group yang Anda tentukan, atau pada seluruh user yang sedang online. Ada dua jenis pesan yang bisa Anda kirimkan, yaitu dalam mode chat dan alert. Beda antara alert dan chat adalah alert merupakan komunikasi satu arah. Jika Anda mengirimkan alert ke suatu komputer, maka di layar komputer yang dituju akan muncul window dalam bentuk popup yang berisi pesan Anda dan si penerima pesan tidak dapat membalas pesan tersebut. Sebaliknya mode chat berfungsi untuk komunikasi dua arah seperti layaknya chatting di Internet Relay Chat. Jumlah karakter maksimal untuk sekali kirim adalah 340 karakter. Untuk menjalankan messenger ini diperlukan Visual Basic 6 Run Time yang dapat di-download melalui melalui situs Microsoft. Jika Anda belum menginstalnya, saat dieksekusi program tidak akan dapat dijalankan dan akan muncul pesan kesalahan yang meminta sebuah file berekstensi .dll. Tapi sayangnya informasi ini justru tidak tersedia pada file help dan InterChat3 reference, sehingga dapat membingungkan pengguna awam yang komputernya belum terinstal Visual Basic 6 Run Time.

LAN Talk XP versi 2.7.1.0

Walaupun namanya menggunakan akhiran XP bukan berarti ia tidak dapat digunakan pada versi-versi Windows lama. LAN Talk XP tetap dapat mendeteksi jaringan dengan baik pada Windows 95/98/Me dan Windows 2000. Saat pertama kali dijalankan, LanTalk akan secara otomatis melakukan scan ke jaringan lalu menampilkan daftar nama PC yang dapat Anda hubungi. Seperti sebagian messenger lainnya, program juga akan secara otomatis mendeteksi setting jaringan sehingga Anda tidak perlu repot-repot mengaturnya. Yang paling menarik pada program ini, daftar nama PC ditampilkan dalam bentuk yang mirip dengan Windows Explorer sehingga dapat memudahkan Anda yang sudah terbiasa menggunakan Windows Explorer. Saat ingin mengirimkan pesan, Anda dapat menentukan siapa saja yang akan menerima pesan tersebut dengan cara memberi tanda cek pada checkbox di depan nama komputer. Selain itu terdapat beberapa fitur yang jarang dimiliki oleh messenger lainnya seperti, fasilitas forward pesan ke user lain, membuat balasan otomatis saat Anda sedang tidak di depan komputer atau mengirim pesan ke sekelompok orang/group pada jaringan. Secara keseluruhan program ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Tapi di balik kelengkapannya, LAN Talk XP ini justru tampak paling rumit dibandingkan program sejenis lainnya. Berbeda dengan messenger lain yang dibahas di sini, Anda tidak bisa mendapatkan messenger ini secara gratis karena bersifat shareware. Artinya, Anda hanya diberikan kesempatan 30 hari untuk melakukan uji coba program. Jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus membayar sejumlah uang pada pembuat program. Untuk mendownload program berukuran\874.496 byte ini, Anda dapat mengunjungi situsnya di http://www.lantalk.net/

LAN Messenger

Lan Messenger adalah sebuah program khusus chat atau messenger atau untuk mengirim pesan singkat antar computer pada sebuah jaringan network atau LAN tanpa koneksi internet. Program ini sangat sederhana bahkan tidak diperlukan penangan khusus. Pilihan pada LAN Messenger tentu jauh lebih sederhana dibandingkan fitur online messenger / chat sekelas Yahoo IM atau MSN. Tetapi kemudahan pada LAN Messenger masih dapat dipenuhi agar para rekan dapat saling berkomunikasi.

Sistem kerja Lan Messenger mirip seperti program online chat atau messenger. Kemampuan Lan Messenger adalah dapat mencari client lain atau program yang sama untuk saling berkomunikasi bahkan dapat mengetahui siapa saja yang sedang online dalam jaringan LAN.

Ketika aktif, Lan Messenger melakukan broadcast atau mengirim signal ke computer lain untuk menditeksi apakah user sedang off line atau online. Ketika salah satu client aktif atau tidak aktif akan diketahui oleh seluruh user member dari program Lan Messenger. Ketika Lan Messenger mencari siapa saja yang sedang online, maka display yang ditampilkan adalah nama computer sipemakai. Tetapi anda dapat menganti nama computer menjadi nama si pemakai dan memberikan icon penganti untuk lebih mudah mengenal pemilik computer.

Kemampuan Lan Messenger dibuat sederhana karena tujuannya memang dikhususkan untuk komunikasi, misalnya untuk komunikasi antar karyawan didalam sebuah kantor. Terdapat 2 option untuk chat dari Lan Messenger yaitu private dan publik. Untuk publik, setiap pesan yang dikirim akan dibaca oleh seluruh program Lan Messenger dan ditampilkan pada display. Semua anggota dapat saling berhubungan dan mengirim pesan singkat didalam papan board display. Sedangkan private adalah chat khusus untuk 2 orang yang ingin saling berhubungan saja.

Fitur Lan Messenger yang sederhana juga menambahkan beberapa fasilitas seperti karakter emosi dapat diselipkan pada papan display. Pemakai juga dapat mengatur informasi dari user seperti Away, Join dan Leave. Sehingga pesan terlihat bila seseorang keluar dari program atau sedang sibuk dan tidak ingin diganggu. Dibawah ini adalah tampilan untuk option Lan Messenger.

Lan Messenger adalah sebuah program freeware. Lan Messenger sangat mudah digunakan karena memiliki fitur auto search siapa saja yang sedang online mengunakan program sejenis. Program ini tidak memerlukan koneksi internet, dan hanya membutuhkan jaringan network biasa. Kebutuhan komunikasi Lan Messenger dapat mengetahui siapa saja yang sedang aktif, karena setiap client Lan Messenger terus melakukan broadcast. Karena program ini freeware, memang tidak banyak yang didapat karena terbatasnya kemampuan program. Kecuali sistem yang sederhana pada Lan Messenger untuk menghubungkan rekan rekan dapat tetap berkomunikasi didalam sebuah jaringan.

Microsoft Internet Relay Chatting atau disebut juga MIRC merupakan sebuah terminal chatting yang dipakai oleh semua pengguna internet pada masanya, dan sampai sekarang pun masih dipakai. Nah, tapi tahukah kawan- kawan sejarah perkembangan IRC ?

IRC (Internet Relay Chat) di buat oleh Jarkko Oikarinen pada musim panas tahun 1988. Diamembuat IRC client dan IRC server di Universitas Oulu, Finlandia (Pada saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan). Jarkko tertarik pada software BBS yang dia gunakan di toslun.oulu.fi , untuk memberikan berita kepada Thursday, May 27, 2010Thursday, May 27, 2010!Unexpected End of Formulapengguna jaringan, diskusi langsung dan beberapa fungsi lainnya. Implementasi pertama adalah bagian chat, yang dia pinjam dari temannya Jyrki Kuoppala dan Jukka Pihl . Itu pertama kali di test di sebuah mesin dan server pertama itu bernama tolsun.oulo.fi.

IRC di buat untuk menggantikan sebuah program yang biasa di sebut “talk” . IRC adalah multi-user chat system yang berhubungan dengan server di seluruh dunia. Kita kemudian dapat join ke sebuah ruang chat atau biasa di sebut channel . Itu adalah sebuah ruangan virtual untuk pertemuan para pengguna IRC.

internet Relay Chat kemudian disempurnakan pada saat perang gurun (Dessert Storm) di tahun 1991. Sebuah keluarga dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date. Perlu juga diingat bahwa Internet Relay Chat adalah gratis dan tidak dibiayai oleh perusahaan besar, tetapi oleh grup kecil yang diantaranya adalahSysops (System Operators), Admins (Server Administrator), dan IRCops (IRC Operators). Orang-orang ini tidak dibayar untuk perkerjaan mereka dan akan terus menyediakan lingkungan yang aman untuk kita, sebagai pengguna IRC. (Sumber : Channel-Chatter)

Aplikasi Chatting

Instant Messenger – Aplikasi Chatting

Memahami Instant Messenger : Fungsi, Tujuan Penggunaan dan Perkembangan Instant Messenger

Mungkin setiap orang mengakui bahwa email merupakan bentuk komunikasi yang cepat, namun kadang-kadang email masih belum cukup, dimana kita tidak mengetahui apakah orang yang dikirimi email sedang online atau tidak pada saat yang bersamaan. dan juga untuk membalas atau meneruskan email kepada orang lain diperlukan beberapa langkah yang dinilai kurang effisien.

Untuk itu pilihan lain yang sangat popular saat ini sebagai alternative untuk berkomunikasi lebih cepat yaituInstant Messenger (IM) atau biasa disebut dengan Aktivitas Chatting.

Dengan Instant Messenger :

  • Kita dapat memasukkan daftar teman-teman atau orang-orang yang sering berinteraksi dalam daftar kontak.
  • Pesan dapat dikirim setiap saat kepada siapapun yang masuk daftar kontak, baik mereka sedang online maupun offline.
  • Apabila dalam keadaan online, penerima dapat langsung membaca dan membalas pesan kita.

Sebagian besar sofware Instant Messenger (IM) terdiri dari dua komponen :

  • Software Server
  • Software Client

Sebagian program Instant Messenger ini dapat dilakukan melalui Web Browser (Web Based), tetapi banyak juga yang membutuhkan instalasi terlebih dahulu software client IM kedalam komputer.

Beberapa aplikasi messenger yang cukup populer adalah : MSN Messenger, AIM, Yahoo Messenger (YM), GTalk dll masih banyak (mungkin mencapai ratusan) aplikasi client messenger yang dapat digunakan untuk ber chatting ria, bahkan dapat digunakan dengan multi account seperti juga aplikasi email client.

Menggunakan aplikasi ini sangat mudah sekali, kita hanya perlu men- download aplikasi tersebut dan setelah menginstal, masukkan alamat teman-teman (berupa alamat email sebagai identitas didunia maya) yang akan kita ajak berkomunikasi.

Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah, biasanya beberapa aplikasi client messenger yang populer, hanya mengijinkan penggunaan komunikasi dengan menggunakan identitas atau email dari mereka sendiri seperti misalnya untuk menggunakan Yahoo Messenger, pengguna harus memiliki ID Yahoo, begitu pula GTalk harus memiliki ID Google (GMail)

Meskipun memiliki keunggulan lebih cepat dan sebagai alternatif dalam berkomunikasi, namun IM memiliki kelemahan yaitu tidak tersimpannya data di server, dan hanya menyimpan data teks saja.
Sehingga untuk pengiriman data-data, seperti misalnya dokumen, gambar, musik dll, pengiriman melalui IM ini rentan mengalami kegagalan. Gangguan koneksi akan semakin besar apabila berinteraksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simultan atau lalu lintas data dalam keadaan sibuk. Dengan kata lain memang sebaiknya Instan Messenger ini hanya digunakan sebagai alternatif komunikasi cepat dan apabila ingin mengirimkan data penting sebaiknya menggunakan email. (Agar dapat berbagi file besar dengan Yahoo Messenger, baca disini

Perkembangan Instant Messenger : Mobile Chatting


Sejak hadirnya teknologi akses internet di ponsel (GPRS, EDGE, 3G), Chatting yang biasanya hanya dilakukan di komputer, saat ini penggunaannya lebih populer dengan menggunakan ponsel (HP).
Peningkatan penggunaan handphone (ponsel) sebagai alat komunikasi chatting yang semakin berkembang, membuat semakin banyak pula aplikasi messenger yang dibuat, bahkan aplikasi tersebut saat ini dikhususkan untuk penggunaan pada handphone dan saat ini pada beberapa pengguna tidak hanya menggunakan satu client messenger saja, bahkan meng-instal sampai lima client sekaligus agar dapat berkomunikasi dengan komunitasnya.

Beberapa aplikasi Chatting yang dikhususkan untuk penggunaan di ponsel (HP) seperti :
AgileMessenger, e-buddy , bing, mig33, morange, sHMessenger , Slick , YehBa , Nimbuzz , Talkonaut ,Y!M Tiny , Fring, IM+ dan mungkin masih banyak lagi yang tidak saya ketahui.

Perkembangan Instant Messaging diawali ketika mulai maraknya orang menggunakan teknologi secara online pada awal tahun 1990 ketika orang – orang mulai meluangkan banyak waktu untuk mengakses Internet.

Para pengembang piranti lunak menciptakan sebuah software chat room, dimana suatu grup atau perorangan dapat melihat serta mengirimkan pesan kepada sertiap orang yang ada pada “room” tersebut. Penyedia jasa online Quantum Link menawarkan fitur untuk dapat saling berkirim pesan dengan sesama pengguna komputer yang sedang online. Penerapan Instant messaging ini memiliki dasar yang tidak jauh berbeda, yaitu sebuah chat room yang ditujukan untuk dua orang.

Instant Messaging ini mulai meledak di Internet pada November 1996, yaitu ketika Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah InstantMessaging yang dapat dipergunakan secara gratis bagi setiap orang. Pada tahun 1997, AOL menjadi pioneer dalam komunitas online. Hal ini dikarenakan AOL memberikan kemampuan bagi pengguna untuk dapat melakukan komunikasi dalam waktu yang sama dalam sebuah chat room dan instant messaging. Model ICQ inilah yang kemudian menjadi dasar yang penting dalam penggunaanInstant Messaging yang beredar sekarang ini.

Dewasa ini, perkembangan IM telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Penggunaan IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para penggunanya melalui komputer, sekarang ini telah dapat diakses melalui telepon genggam. Dengan kemampuan yang dimiliki telepon genggam untuk mengakses internet, maka para pengguna IM dapat mengakses dunia maya kapan saja dan dimana saja.

Tidak ada komentar: