Selasa, 19 Januari 2010

FACEBOOK


PENGERTIAN FACEBOOK

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg,awalnya hanya untuk linkungan sendiri dimana digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Tetapi karena para mahasiswa tersebut mempunyai teman lain dan mengajak teman teman nya juga bergabung sehingga anggotanya hampir seluruh mahasiswa sedunia
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
Sekarang Facebook merupakan situs peringkat no 1 yang di cari orang indonesia di google search dengan kata kunci facebook,login facebook,cara membuat facebook, dan semua kata yang ada facebook nya.Bagaimana dengan anda ? sekarang sudah banyak anak** talang kelapa yang mempunyai facebook (FB).



BAGIAN-BAGIAN FACEBOOK
1.Home
graphic1
Di bagian home atau beranda ini beberapa hal tentang bagian ini:
a. tempat semua berita masuk,baik itu upload foto,update status,menerima kiriman,kabar dan lain-lain.
b. anda bisa mengganti status update anda disini.
c. meng-add teman baru yang mungkin anda kenal. (biasanya berdasarkan sekolah atau tempat komunitas anda)
d. anda juga bisa memberi komentar atas status update dan foto baru teman anda.
e. kotak pencarian di pojok kanan atas,tempat mencari teman hingga aplikasi. Tinggal ketikan apa yang akan anda cari.
f. jika anda perhatikan dipojok sebelah kanan bawah,terdapat beberapa bagian disana. Yaitu teman yang online, disana anda dapat chating dengan teman anda dengan cara mengklik bagian tersebut dan memilih teman online yang ingin anda ajak berkomunikasi. Ada juga update kabar untuk anda disamping gambar bola dunia.
*untuk memperjelas/memperbesar gambar,silahkan di klik kanan pada gambar lalu pilih view image.
2. PROFIL
graphic2
Dibagian profile ini akan saya bagi menjadi 3 bagian kanan,kiri dan tengah.
a. Bagian kanan : terdapat tempat iklan. Dimana iklan disana bisa merupakan gruop penggemar, orang jualan hingga iklan caleg pemilu. ;p
b. Bagian Tengah : disana ada wall atau dinding. Itulah tempat anda diberi comment,update status,comment teman ataupun anda terhadap update status anda,kegiatan apa saja yang telah anda lakukan,dsb. info tentang info diri anda. foto anda. Dan beberapa aplikasi yang bisa anda tambahkan.
c. Bagian kiri: terdapat foto anda. Anda bisa mengganti foto disana. Menyunting informasi. Tempat teman2 anda. Atau hasil quiz dan aplikasi yang anda gunakan.
3. FRIENDS
graphic3
Di friends ini terdapat teman2 anda dan status baru mereka. Saya yakin anda mengerti tentang bagian ini karena semua yang ada disini mudah untuk dipahami. ;)
4. PESAN MASUK
graphic4
Disini adalah tempat masuknya pesan/message ,seperti di friendster atau email anda. Dan di facebook ini bila anda mengklik salah satu pesan anda yang masuk, akan terdapat berberapa pesan yang anda kirim atau teman anda kirim ikut menyertai. Tapi bukan seperti di frienster yang kyk quote gitu. Lebih elegan gitulah. ^^
Itu dia sedikit penjelasan tentang beberapa bagian utama di facebook. Untuk penjelasan lebih lanjut akan saya usahakan. Apabila ada yang kurang jelas atau malah tambah bingung.heheh saya mohon maaf. Semoga bisa membantu.


Cara Merubah Tampilan Layout Facebook
cara mengubah tampilan facebookBosan dengan tampilan facebook yang begitu-gitu saja tanpa variasi, tidak seperti friendster atau myspace yang bisa kita kostumisasi sesuai dengan kemauan kita. Kalau begitu coba yang satu ini, dengan cara ini kita dapat mengganti tampilan halaman facebook menjadi lebih bagus dan yang paling penting bisa dikostumisasi sendiri.

Aritkel ini saya buat untuk Anda yang suka dengan kostumisasi tampilan dan sekaligus memenuhi kebutuhan beberapa pengunjung yang menuju keblog ini melalui google dengan keyword tentang :
-cara mengganti layout facebook
-tutorial mengganti layout facebook
-merubah tampilan facebook
-mengubah tampilan facebook

Dan ternyata banyak sekali yang mencari artikrl tentang tampilan facebook. Setelah beberapa penelusuran website, blog dan group-group yang berisi tentang tutorial
mengganti layout facebook, saya menemukan 2 cara berbeda:

1. Merubah tampilan layout facebook dengan cara userstyles.org (untuk penguna mozila firefox)
cara mengubah tampilan facebook
download add-ons mozzila

-klik "add to firefox", installasi and restart mozilla firefox

-pilih tampilan yang diinginkan disini

-klik tombol "Load into Stylish"

-save dan refresh halaman facebook Anda



2. Merubah tampilan layout facebook dengan cara yontoo.com (untuk penguna mozila firefox dan internet explorer)
cara mengubah tampilan facebook

-kunjungi website Yontoo

-pilih "Start Installation"

-install Add-ons dan restart mozila

-pasang aplikasi PageRage di facebook

-pilih tampilan yang diinginkan

-lihat profile anda
Cara no.1 hanya bekerja pada komputer sendiri yang sudah diinstal add-on stylish
dan
Cara no.2 hanya bekerja pada pada komputer yang sudah diinstal add-on Yontoo dan pemilik facebook memasang aplikasi pagerege. Hal ini memungkinkan orang lain dapat melihat tampilan facebook kita jika mereka melakukan hal yang sama.
Perkembangan Facebook


http://images.fariedkurniadi.multiply.com/image/B-p0Ch4g7vjxxeZ9m89oRA/photos/1M/300x300/228/facebook.jpg?et=A4JndK%2CwLxicSdzRI25VWA&nmid=0Dahsyat! Itulah kata yang terucap setelah melihat perkembangan situs pertemanan Facebook. Jumlah pengguna di situs ini meningkat drastis seiring dengan semakin meningkatnya popularitas Facebook belakangan ini, khususnya di wilayah Indonesia.

Saya pertama kali bergabung di Facebook pada bulan Februari 2009. Itupun bukan atas inisiatif pribadi, melainkan karena invitasi teman. Nah, saat itu jumlah pengguna Facebook di Jaringan Indonesia berjumlah 900 ribu pengguna. Dengan kata lain, anggotanya hampir mencapai 1 juta orang.

Nah, barusan lihat lagi, ternyata membernya sudah tumbuh berlipat-lipat. Jumlah pengguna Facebook di Jaringan Indonesia per 27 Juli 2009 pukul 14:47 mencapai 2.883.983 pengguna. Berarti dalam 6 bulan terakhir pertumbuhannya mencapai 3 kali lipat. Ck...ck...ck.

http://images.fariedkurniadi.multiply.com/image/VMVucv3Pr+TTvHEtpqlCwA/photos/1M/300x300/230/penggunafb.png?et=f%2Cxx8lsAS7ovMiUY1gDWqA&nmid=0Angka diatas mungkin belum bisa merepresentasikan secara tepat karena pengguna FB bisa menggonta-ganti jaringannya. Tetapi paling tidak, bisa disimpulkan bahwa pertumbuhannya memang relatif cepat.

Mengapa perkembangan Facebook lebih cepat dibandingkan dengan layanan sejenis? Menurut saya Facebook lebih unggul dalam layanannya kepada newbie, sehingga para pemula mudah memahami fitur-fitur yang digunakan. Apalagi layanan FB tersedia dalam beberapa bahasa, jadi kelihatan lebih user friendly gitu.

Saya tidak ingin membandingkan antara Multiply dan Facebook. Karena menurut saya, Multiply dan Facebook adalah dua layanan yang berbeda genre. Ibarat musik, satu bergenre Pop dan satunya lagi R & B. Beda dan tidak mungkin diperbandingkan. Jika ingin membandingkan Facebook, maka bandingkanlah ia dengan layanan sejenis seperti Friendster, Twitter atau Myspace. Dan jika ingin membandingkan Multiply, maka bandingkanlah ia dengan Blogger, Wordpress atau Livespace.

Terakhir, karena Multiply dan Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka kombinasi keduanya bisa jadi pilihan tepat. Dan kalau disuruh memilih salah satu, maka saya akan memilih Multiply. Bagaimanapun Multiply tetap is the best.



by Radenmas dNoxs on April 18, 2009 at 11:09 am
Memang layanan social networking facebook menjadi hal atau tema yang banyak di bincangkan oleh berbagai kalangan. Baik kalangan mahasiswa, dosen, blogger, peneliti, dan para pencari berita di internet. Sempat ketika facebook menjadi booming dan mengalahkan layanan social networking yang lain seperti Friendster, Digli, Fupei dan Layanan Social Networking yang lain. Dan tidak dapat dipungkiri kini orang-orang dapat mengetahui manfaat dari layanan social networking yang satu ini, walaupun ada cerita mengenai Efek Negatif Facebook.
Manfaat Dari Facebook itu apa saja sih ?? nah pertanyaan yang kemarin dipertanyakan kepada para penulis blog dengan tema Facebook. Memang jarang sekali orang yang bisa menyimpulkan manfaat facebook dari berbagagi sisi, yang paling di temukan oleh para pengguna facebook adalah dari segi layanan pertemanan. Mereka dapat menemukan teman-teman mereka yang sudah lama tidak bertemu, mereka bisa saling sapa dan seperti Reuni dadakan :D. Selain itu kelebihan dari facebook dibanding dengan layanan social networking yang lain adalah facebook mempu memberikan feature-feature atau fasilitas yang diberikan untuk memanjakan penggunanya, seperti Game, Groups, dan fasilitas yang bisa bertambah sewaktu-waktu dengan bertambahnya jumlah pengguna social netwoking ini.
Pengalaman salah seorang teman yang bekerja di kantor. Sebelum mereka menggunakan Facebook, kegiatan di kantor terasa kaku dan cepat terasa jenuh. Tapi setelah facebook booming para karyawan juga satu persatu mendaftar di layanan social networking ini, dan efeknya langsung terasa setelah satu minggu berlangsung. Dikantor yang tadinya terasa jenuh, kini berubah menjadi lebih fresh dan hubungan antar karyawan menjadi lebih akrab bahkan hubungan atasan dengan bawahan menjadi terasa lebih dekat dan mampu menciptakan iklim kerja yang se dengan facebook. Inilah fungsi atau manfaat facebook dalam hal dunia perkantoran.
Tetapi disisi lain, banyak pula perkantoran yang mematikan layanan facebook ini. Karena kembai lagi dar efek negatif facebook yang telah mendominan menyebabkan para pengusaha perkantoran menutup layanan pertemanan tersebut. Banyak karyawan yang menggunakan jam kerjanya hanya untuk mengupdate status dari facebook mereka. Ada juga karyawan yang menggunakan facebook sebagai media bisnis sampingan mereka ketika bekerja :D
Nah dari penelusuran diatas anda sendiri yang bisa menyimpulkan mengenai facebook, entah dari Manfaat dan Efek Negatif dari Facebook itu sendiri
Tulisan Yang Lain

3 komentar:

alit dwitama mengatakan...

mantab na...tapi capek baca nya..wakakakak

martika mengatakan...

Panjang amat...
bagi2 donk ilmunya....

"erna sawitri" mengatakan...

Biarin,, Sapa tau wawasan saya juga jadi panjang dan meluas........kikik